Cinta Baca Foundation

PROGRAM UTAMA

KEJAR BACA

Kegiatan membacakan buku yang bertujuan untuk membawa kekayaan dunia bacaan kepada anak-anak dengan maksud menumbuhkan minat dan kecintaan membaca buku, kreativitas anak, serta menanamkan nilai-nilai yang membangun karakter berbudi luhur.

Kejar Baca merupakah kegiatan pertama yang dilakukan setelah perpustakaan dibuka, baik Perpustakaan Kota, Taman Bacaan, maupun Pos Baca. Kegiatan ini ditujukan kepada masyarakat terutama di sekitar perpustakaan. Pembacaan buku dengan cara yang menarik dilakukan oleh fasilitator kepada anak-anak di kelompok dalam bentuk, antara lain "Storytelling" dan "pentas buku berkarakter---Pesbuker". Pesbuker ini adalah kegiatan membacakan buku dengan menggunakan media visual, yaitu ala-alat peraga maupun kostum yang menarik.

KEJAR CERDAS

Keluarga merupakan lingkungan paling awal dan dominan dalam menanamkan, menumbuhkan, dan membina minat membaca anak. Orangtua perlu menanamkan kesadaran akan pentingnya membaca dalam kehidupan manusia untuk itu orangtua dapat menjadikan dirinya teladan bagi anaknya.

Kejar Cerdas adalah sebuah kelompok belajar yang terdiri dari 6-8 keluarga yang tinggal di sekitar Perpustakaan Cinta Baca. Mereka dibina dengan kurikulum khusus yang dalam setahun melakukan 10 kali pertemuan kelompok untuk meningkatkan minat baca dan penididikan keluarga. Para orangtua dilatih membacakan buku kepada anak secara kreatif dan di motivasi untuk membangun budaya baca di tengah keluarga

KEJAR SEHAT

Merupakan kelanjutan Kejar Cerdas. Setelah minat baca tumbuh di tengah-tengah keluarga, diharapkan anggota kelompok tersebut akan memiliki kemampuan dan keinginan untuk mengakses pengetahuan secara mandiri. Kelompok ini terdiri dari 12-16 keluarga yang telah menyelesaikan minimal setengah dari kurikulum Kejar Cerdas.

Dalam kelompok ini, para orangtua dibina untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai sehingga memiliki pola dan budaya hidup sehat secara mandiri dan ikut memotivasi keluarga lain di lingkungan mereka. Kejar Sehat dijalankan kurang lebih selama dua tahun dengan mengadopsi program CHE (Comunity Health Education). Kejar Sehat membina keluarga agar sehat tidak hanya secara jasmani, tetapi juga secara rohani.

KEJAR LUHUR

Kejar Luhur merupakan kegiatan yang mengajarkan kepada keluarga, terutama orangtua, berbagai kualitas karakter yang baik sehingga anak-anak dan seluruh anggota keluarga dan masyarakat disekitarnya bisa hidup harmonis---harmonis dengan diri sendiri, orang lain, alam, dan Tuhan.

Kejar Luhur merupakan kelanjutan dari Kejar Sehat, Kelompok terdiri dari 5-10 keluarga dan pembahasan materi seputar bagaimana nilai- nilai luhur yang dimiliki bangsa Indonesia, yaitu Pancasila, dapat diterapkan, dilestarikan, dan dikembangkan di tengah masyarakat.
Kejar Luhur dilaksanakan dalam kurun 1 tahun dengan 10-12 pertemuan.